DASWATI.ID – PT Hakaaston (HKA), penyedia Jasa Layanan Operasi dan Pemeliharaan jalan tol, menyiapkan langkah strategis untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2025.
Fokus utama adalah memastikan kenyamanan dan keselamatan pemudik di ruas tol yang dikelola, melalui empat layanan utama: transaksi, lalu lintas, pemeliharaan, dan rest area.
Direktur Operasi HKA Martin Nababan menyatakan bahwa persiapan maksimal telah dilakukan untuk mendukung tiga Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu PT Hutama Karya (HK), Indonesia Investment Authority (INA), dan PT Hutama Marga Waskita (HAMAWAS).
“Kami berkomitmen memastikan perjalanan pemudik berjalan lancar, aman, dan nyaman,” ujar Martin dalam keterangannya, Selasa (25/3/2025).
Pada layanan transaksi, HKA menambah petugas pultol, mobile reader, dan genset portabel untuk mengantisipasi pemadaman listrik.
Untuk layanan lalu lintas, strategi difokuskan pada kelancaran perjalanan dengan patroli rutin, pemantauan CCTV, dan sosialisasi kondisi jalan via Variable Message Sign (VMS).
Prediksi HK menyebut volume kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) naik hingga 85% saat mudik Lebaran 2025.
Pemeliharaan jalan juga menjadi prioritas. Perbaikan minor dan beautifikasi selesai H-10 Lebaran, ditambah petugas siaga potholes untuk menangani kerusakan jalan secara cepat.
Sementara itu, layanan rest area diperkuat dengan penambahan fasilitas seperti SPBU modular, SPKLU trial, dan water tank di 4 rest area ruas Palembang-Prabumulih serta 12 rest area ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.
HKA turut menyediakan aplikasi ASTOLL untuk memantau kondisi tol secara real-time di ruas Medan-Binjai dan Bakauheni-Terbanggi Besar, membantu pemudik merencanakan perjalanan.
Baca Juga: Dishub Lampung Imbau Perusahaan Otobus Hindari Terminal Bayangan

